6.20.2011

Mobile Payment

Sebelum menggunakan uang kertas dan uang logam manusia melakukan transaksi lewat barter. Yakni barang di tukar barang. Selanjutnya digunakan uang kertas dan uang logam untuk transaksi. Seiring perkembangan handphone maka sekarang pembayaran bisa dilakukan melalui perantara handphone yang kita miliki. Mobile Payment telah lahir dan akan menjadi pemicu untuk e commerce dan m commerce di indonesia yang katanya ‘lamban’ berkembang. Kenapa ? karena mobile payment memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi dannnn hampir tiap orang punya handphone.
Bagaimana hal itu bisa terjadi penjelasannya adalah sebagai berikut :
Arsitektur Dasar Mobile Payment
  1. Merchant : merupakan tempat yang menampung detail transaksi pelangan. Data tersebut termasuk elemen statis dan dinamis yang mengidentifikasi setiap transaksi.
  2. Pelanggan menerima data transakasi dari Merchant dan men cocok an setiap informasi dengan yang dimiliki.Dimana format standar pembayaran telah di siapkan untuk dapat memproses pembayaran. Proses pembayaran berupa partner yang dipercaya seperti bank atau operator telekomunikasi. Ketika permintaan pembayaran siap untuk di transfer maka konsumen melakukan pengecekan dan atentifikasi dengan PIN yang dikirim oleh account manager.
  3. Account manager akan menerima permintaan pembayaran, mengidentifikasi pelanggan dan pemproses permintaan pembayaran. Proses identifikasi termasuk mengecek dana yang tersedia dan berapa jumlah di minta. Ketika prosesnya selesai maka payment notice di forward ke Data Center sebagai payment service. Data center kemudian mengidentifikasi alamat bank/operator telco pada payment notice kemudian memberikan pesan kepada merchant bahwa telah terjadi proses pembayaran.
  4. Pemproses di sisi merchant menerima payment notice dan memberikan advise secara real time apakah transaksi diterima atau ditolak.
Model Bisnis
model pembayaran baru ini akan diterima jika setiap element didalamnya mendapatkan keuntungan dari transaksi baik berupa support, promosi atau service.  Pihak terkait dalam mobile payment adalah : bank, operator telco, pelanggan, merchant, developer, service provider dan supplier. Konsep dasar model bisnis nya adalah pada bank dan perusahaan telco sehingga situasi yang memungkinkan hal ini adalah revenue sharing / sharing pendapatan.

Tidak ada komentar: