6.18.2011

Access DVR Melalui Internet (Bagian 1)

Sekitar dua tahun lalu Access DVR melalui Internet masih menjadi barang baru, khususnya saat access internet masih terbilang mahal. Kini dengan hadirnya Speedy for Family dan adanya service gratisan dari  http://www.dyndns.com/, access DVR dari internet sudah bisa dinikmati dengan cukup nyaman. Boleh dikatakan, access DVR melalui Internet ini merupakan puncak kepuasan tersendiri bagi konsumen dan semua aktivitas instalasi CCTV.

Pada posting kali ini akan dijelaskan step-by-step bagaimana cara setting DVR Standalone agar bisa di-access dari Internet. Ternyata caranya relatif sederhana, tanpa perlu pengetahuan Internet yang rumit. Namun, bahasan ini hanya dipakai sebagai alternatif saja, yaitu apabila kita merasa "kurang sreg" dengan beberapa penyedia Servis DDNS yang sebenarnya sudah disediakan oleh pabrik pembuat DVR, sebut saja diantaranya: ipdvrfreeautoipset dan lainnya. Atau dengan no-ip sekalipun !? Hanya sekedar "membandingkan hasil", tidak ada salahnya bukan?  

Langkah 1: Membuat Account di Salah Satu Penyedia Layanan Gratis

A.   Masuklah ke situs http://www.dyndns.com/. Lihatlah pada Free Dynamic DNS.

B. Siapkanlah nama yang spesifik untuk koneksi internet DVR kita, misalnya dvrrumah, sedangkan untuk nama belakangnya boleh memilih, misalnya dvrdns.org atau yang lainnya. Masukkanlah ke dalam isian, lalu klik Add


Setelah itu akan muncul layar baru seperti di bawah. Klik pada "Your current location's IP address is....". Pada pilihan "Remote Access For Device" pilihlah dvr. Lalu klik Add to Cart di kanan paling bawah.

Keterangan: Apabila muncul This hostname already exists. It may be in use by another customer pilihlah nama baru yang lain.

C. Oleh karena layanan ini gratis, maka kita tidak dikenakan biaya apapun ($0.00). Sebagai account, kita harus memiliki Username dan Password. Username boleh diisi dengan nama kita sendiri (supaya gampang diingat) atau nama lainnya, seperti pada contoh: Username = dvrrumah. Demikian pula halnya dengan Password, yang penting jangan sampai keliru dengan User Name dan Password DVR. OK? Masukkan pula alamat email kita untuk menerima konfirmasi dari DynDNS.


D. Setelah isian lengkap termasuk alamat email kita, masukkan angka yang tertera pada Security Image dan klik-lah I agree with .... Selanjutnya klik "Create Account".


E. Setelah beres, periksalah Inbox email kita dan klik pada link yang disebutkan pada email kita (klik pada yang digarisbawahi pertama)


F. Selanjutnya tinggal klik "Create Account".


G. Selesai.


Kini, koneksi internet kita sudah memiliki nama khusus yang disebut dengan Hostname, yaitu :  dvrrumah.dvrdns.org (seperti contoh di atas).

Langkah selanjutnya tinggal memasukkan host name, user name dan password yang telah kita buat ini ke dalam menu Network pada DVR kita, yaitu:

Host Name : dvrrumah.dvrdns.org
User                : dvrrumah
Password    :  [password anda di DynDNS.com]

Tujuan pengisian ini adalah agar saat dinyalakan, DVR kita "mengabsen" dulu ke DynDNS (istilahnya update). Dengan kata lain, agar dikenal di internet, host name DVR kita harus "nyangkut" dulu ke satu DDNS Service. Salah satunya ya DynDNS.com ini.

(Bersambung)

1 komentar:

Mentari.Web.Id mengatakan...

sayangnya dyndns sekarang berbayar setelah trial 30hari :(