3.20.2010

Tips memilih ISP terbaik

Quantcast Pertumbuhan jumlah penyedia jasa layanan internet pada saat ini memang sangat pesat. Walaupun ada beberapa ISP (Internet Service Provider) yang sempat tumbang , namun segera digantikan oleh ISP yang baru. Mungkin seperti mengikuti kata pepatah “mati satu tumbuh Seribu”.
Nah pertumbuhan jumlah ISP seharusnya membuat pengguna layanan internet senang karena semakin banyak pilihan, namun sayangnya masih banyak ISP yang memberikan layanan seadanya kepada pelanggannya dan ahirnya yang terjadi kekecewaan dan pelanggan harus gonta ganti ISP untuk menemukan yang terbaik (terutama pelanggan korporasi).
Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi bisnis, dan tentu saja bagi penggunan personal. Dari kalangan anak ABG sampai perusahaan besar seperti ASTRA tidak bisa lepas dari Internet. Saya mencoba memberikan beberapa saran untuk Anda yang ingin memilih ISP , terutama bagi para pengguna korporasi.
• Selalu lakukan pengecekan background perusahaan ISP tersebut, company profilenya baik di websitenya ataupun secara hard copy, biasanya sales dari ISP tersebut memberikannya sebagai informasi tambahan bagi Anda. Namun bila tidak, saya sarankan Anda untuk memintanya! Karena apa? Kita harus tahu seberapa pengalaman ISP ini dalam bisnis layanan internet, jadi jangan sampai Anda membeli kucing dalam karung.
• After Sales Services dan SLA, ini sangat penting karena kebanyakan ISP yang kurang baik, hanya ingin Anda berlangganan saja, tanpa memikirkan bagaimana cara membuat pelanggan setia menggunakan layanannya. Jadi pastikan after sales servicesnya, tanyakan kesediaan support yang ada, apakah siap membantu Anda setiap dibutuhkan? Dan apakah jaminan yang Anda bisa pegang saat mereka tidak mampu mendeliver layanan yang dijanjikan?
• Infrastuktur dan Backbonenya, selalu tanyakan infrastruktur yang ISP itu gunakan, apakah itu wireless, VSAT, atau fiber optic, diantara ketiga itu jelaslah fiber optic (FO) lah yang terbaik, karena lebih stabil dan minim gangguan. Backbone international jelas yang utama, dari mana mereka memiliki koneksi international, sehingga Anda yakin bahwa layanan yang Anda terima memang berkualitas.
• Yang paling penting adalah Testimoni dan pelanggan, tanyakan berapa banyak pelanggan ISP tersebut, ISP yang memiliki banyak pelanggan korporasi ternama, jelas secara layanan telah lebih dipercaya publik, namun untuk membuat Anda lebih nyaman tanyakan kepada ISP tersebut apakah Anda bisa menanyakan langsung kepada pelanggan mereka tentang layanan yang diterima selama ini.
• Fitur dan benefit tambahan, pastikan apakah Anda bisa mendapatkan free trial? Biasanya ISP memberikan sesi trial bagi calon pelanggannya, dan pastikan Anda juga mendapatkannya! Hal ini sangat penting untuk membuktikan kualitas dari layanan internet yang dijanjikan. Lalu fitur apa lagi yang akan Anda dapatkan selama berlangganan, seperti IP Public, modem, Antena, atau perangkat lainnya bisa didapatkan secara cuma-cuma atau dipinjamkan?
• Dan terahir adalah harga, banyak dari kita menempatkan harga di urutan teratas, namun saya lebih suka bicara harga saat saya sudah yakin dengan beberapa hal diatas. Jadi jika Anda telah mengumpulkan beberapa ISP yang sesuai dengan kategori diatas, langkah selanjutnya adalah negoisasi harga. Saya yakin kalau menyangkut soal harga semuanya masih bisa di bicarakan, jarang ada ISP yang mematok harganya secara pasti atau tidak bisa dinegoisasikan, jadi Anda tidak perlu pusing, untuk mencoba menawar harga yang Anda mau.
Oke saya pikir beberapa point diatas mewakili beberapa faktor penting dalam mencoba berlangganan layanan Internet bagi Anda. Demikian ulasan singkat dari saya semoga berguna bagi kita semua.

Tidak ada komentar: